NRT, Bulungan : Inovasi pelayanan publik Kantor Imigrasi Tarakan berupa Layanan Paspor Keliling (Lapak Ikan) yang diadakan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bulungan mulai tanggal 22 hingga 24 April 2024, berhasil menarik minat dan partisipasi masyarakat.
Wakil Bupati Kabupaten Bulungan, Ingkong Ala, yang juga mengikuti kegiatan ini turut mengapresiasi layanan yang diberikan. “Saya sudah merasakan sendiri layanan ini, luar biasa inovasi yang dihadirkan Imigrasi Tarakan, sangat memudahkan masyarakat di Kabupaten Bulungan. Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilanjutkan untuk kedepannya,” ungkapnya.
Selama tiga hari kegiatan, tercatat sebanyak 211 permohonan paspor berhasil diproses, yang terdiri dari 109 permohonan paspor baru dan 102 permohonan pergantian paspor. Tidak hanya itu, Kantor Imigrasi Tarakan juga memperkenalkan layanan paspor elektronik (E-paspor) dalam kegiatan tersebut, mencerminkan komitmennya terhadap modernisasi dan peningkatan pelayanan.
Kepala Kantor Imigrasi Tarakan, Andi Mario menyoroti beberapa keunggulan E-paspor dibandingkan paspor biasa. “Paspor elektronik memang lebih mahal daripada paspor biasa, namun memiliki keamanan data yang lebih tinggi, proses imigrasi yang lebih cepat pada tempat yang tersedia fasilitas autogate, penerimaan yang lebih luas secara global, dan manfaat pengecualian visa untuk perjalanan ke Jepang,” ungkapnya.
Pengenalan layanan paspor elektronik mendapat tanggapan positif dari masyarakat, sebanyak 44 orang menyatakan minat mereka untuk mendapatkan paspor elektronik selama kegiatan Lapak Ikan. Ini menandakan permintaan yang meningkat untuk solusi dokumen perjalanan yang lebih aman dan efisien.
“Kami berterima kasih kepada Kepala MPP Kabupaten Bulungan beserta jajaran dalam membantu terlaksananya kegiatan ini, serta masyarakat Kabupaten Bulungan atas partisipasinya yang antusias. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan paspor guna memenuhi kebutuhan yang terus berkembang dari masyarakat,” pungkasnya. (*)
Discussion about this post